Cara Memilih Tempat Tidur Atau Dipan yang Cocok Untuk Kebutuhan

Tempat tidur merupakan salah satu furniture pokok ang harus ada di dalam rumah. Bagaimana tidak? dipan anda gunakan setiap hari untuk beristirahat setelah lelah melakukan aktifitas seharian. Idealnya, tempat tidur yang di lengkapi dengan kasur harus bisa memberikan kenyamanan yang maksimal agar tubuh kembali rileks dan kualitas tidur anda jadi lebih baik.

Selain untuk beristirahat, tempat tidur juga kerap di gunakan untuk hal lainnya, seperti membaca buku, nonton tv di kamar, main game atau terkadang untuk bekerja. Oleh karena itu, anda harus bisa memilih dipan yang nyaman secara tepat untuk kebutuhan. Jika anda sampai salah milih akan menimbulkan ketidaknyamanan dan bisa mengurangi kualitas tidur anda.

Pada dasarnya, memilih tempat tidur secara tepat itu susah-susah gampang, karena ada banyak sekali pilihannya, mulai dari ukuran, material, hingga modelnya. Belum lagi jika ada perbedaan pendapat dari pasangan anda. Nah, supaya tidak salah memilih, berikut ini ada beberapa cara memilih dipan berdasarkan ukuran untuk memberikan desain terbaik kamar tidur anda.

Memilih Berdasarkan Ukuran

Sama seperti jenis furniture lainnya, tempat tidur juga punya banyak ukuran dan model. hal inilah yang menjadi faktor penentu kenyamanan saat beristirahat. Ada tiga ukuran yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda.

1. Ukuran Besar

tempat tidur sofa minimalis

Tempat tidur Ukuan besar memiliki ukuran rata-rata 180x200cm. Biasanya ukuran ini di tujukan untuk pasangan suami istri, terutama yang baru saja menikah, karena selain dapat mengakomodasi dua orang dewasa, ukuran ini juga masih cukup untuk menampung seorang bayi.

Ukuran yang sangat luas ini dapat memberikan kenyamanan dan keleluasaan yang maksimal bagi anda dan pasangan anda. Namun, saat hendak membeli yang berukuran besar ini, pastikan luas kamar tidur anda memadai, ya ! Jangan sampai pada akhirnya kamar tidur jadi telihat sempit dan berantakan karena salah memilih dipan.

 2. Ukuran Sedang

tempat tidur duco putih

Selanjutnya ada tempat tidur ukuran sedang yang kami rekomendasikan untuk anda, rata-rata ukurannya sekitar 160×200 cm. Sama seperti ukuran besar, tempat tidur ukuran sedang ini juga di rancang untuk mengakomodasi dua orang dewasa, hanya saja ukuran ini tidak di sarankan untuk anda dan pasangan yang sudah memiliki anak dan masih tidur bersama orang tuanya. Hal ini karena ukurannya sedikit lebih kecil dari pada yang ukuran besar.

Ukuran sedang ini sangat cocok bagi anda dan pasangan yang memiliki keterbatasan ruang kamar tidur, karena ukuran sedang tidak akan memakan ruang yang banyak pada kamar tidur anda. Selain itu, ukuran sedang ini hanya dapat mengakomodasi satu orang dewasa yang memiliki badan yang cukup besar. Supaya tidurnya pun tetap leluasa dan nyaman.

 3. Ukuran single

tempat tidur minimalis

Sesuai dengan namanya, ukuran single di tujukan untuk satu orang saja, baik itu dewasa maupun anak kecil. Pada umumnya, ukuran tempat tidur single rata-rata 90×200 cm. Tapi ada juga tempat tidur untuk satu orang dengan ukuran 120×200 cm yang biasanya di sebut ukuran double. Ketiga ukuran tersebut hanya perlu di sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Memilih Tempat Tidur Berdasarkan Material

Setelah memilih ukuran yang pas dengan kebutuhan dan luas kamar tidur, sekarang saatnya anda memilih material terbaik yang cocok untuk ruang kamar anda. Sebenarnya, ada banyak sekali material yang bisa anda pilih, tapi yang paling umum di gunakan adalah kayu, besi dan rotan. Ketiga material tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 1. Material kayu

Material tempat tidur ini merupakan salah satu material favorit dan utama sejak dulu. Hal ini karena material kayu memiliki daya tahan yang lama dan kuat menopang beban, apalagi jika menggunakan kayu yang berkualitas tinggi, seperti kayu jati dan mahoni. Selain itu tempat tidur kayu juga memiliki desain yang beragam, mulai dari yang sederhana, natural, minimalis, mewah, sampai yang klasik modern sangat cocok untuk desain kamar tidur apa saja.

Namun material kayu tertentu juga memiliki kelemahan, di antaranya adalah rentan terhadap serangan rayap dan bisa menjadi lapuk sehingga anda perlu mengecek kondisi dipan kayu secara berkala. Oleh Karena itu, sebelum memilih material inianda harus mempertimbangkannya secara matang.

 2. Material Besi

Tempat tidur yang terbuat dari material besi juga tidak kalah kuat dari yang bermaterial kayu. Tempat tidur besi mempunyai rangka yang stabil dan kokoh, sehingga bisa menopang beban yang berat tanpa takut jebol. Selain itu, Material besi ini lebih minim perawatan dan tidak mudah rusak meski di gunakan untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, material besi bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk merawat furniture dipan.

Akan tetapi dari semua hal tersebut bukan berarti material besi tidak memiliki kekurangan. Pada kondisi tertentu, material besi bisa berkarat dan memuai karena berbahan dasar logam. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan cairan penghilang karat untuk di semprotkan pada besi yang berkarat dan juga mengatur suhu ruangan anda.

3. Material Rotan

Selanjutnya ada material rotan, meskipun tidak sepopuler kayu dan besi, tapi material rotan juga petut di pertimbangkan karena memiliki sejumlah keunggulan. Bebarapa di antaranya adalah tempat tidur rotan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah di pindah tempatkan atau di geser. Namun, walau bobotnya ringan, sudah bukan rahasia lagi kalau material rotan juga memiliki daya tahan yang kuat , terutama rotan alami.

Di samping itu hal yang menjadi kekurangan pada material rotan ada pada masalah perawatan dan kebersihannya. Umumnya, tempat tidur rotan memiliki model yang berlubang, hal ini bisa membuatnya berdebu dan sulit di bersihkan, terutama pada bagian celah atau lobangnya.

Memilih Dipan Berdasarkan Model

Nah, kalau anda sudah memilih ukuran dan material yang tepat, sekarang tinggal memilih modelnya. Pemilihan model ini Tergantung pada selera, desain interior kamar tidur dan keperluan lainnya. Karena saat ini sudah banyak dipan yang di lengkapi dengan tambahan laci atau penyimpanan lainnya, berikut beberapa model dipan yang banyak di jual di pasaran.

Model Minimalis

Salah satu model yang paling banyak di cari adalah tempat tidur minimalis. Hal ini karena desainnya sangat sederhana dan efisien sehingga bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki keterbatasan ruang. Biasanya model minimalis ini di balut dengan warna-warna netral, sepeti hitam, coklat, abu-abu, dam putih.

Model Klasik Atau Mewah

Salah satu ciri khas model klasik adalah adanya desai ukiran yang sangat detail dan cukup rumit, Terutama pada bagian punggung atau kepala tempat tidur. Inilah yang menjadi alasan mengapa tempat tidur klasik sangat identik dengan kesan mewah. Selain itu tak jarang juga model ini di lengkapi tiang penyangga di empat sudutnya.

Model Storage atau Laci Penyimpanan

Butuh lebih banyak rak penyimpanan di kamar tidur? Kalau begitu model yang satu ini bisa jadi solusi terbaik untuk anda. Biasanya, storage atau laci penyimpanan terletak pada bagian bawah tempat tidur dengan model di tarik ke samping. Pada bagian tersebut anda bisa menyimpan banyak barang seperti koleksi sprei, pakaian dan majalah.

Nah, setelah anda membaca tips di atas, sekarang anda bisa memilih tempat tidur yang tepat sesuai kebutuhan, jangan lupa ! Dapatkan furniture tempat tidur terbaik dengan desain menarik hanya di toko furniture online Yasmin Furniture Jepara.

Menu Utama